Selasa, 01 April 2014

Mengenal bunga tapak dara atau kemunting cina dan manfaat nya yang luar biasa


Tapak dara yaitu perdu yang datang dari Madagaskar, tetapi sudah menyebar ke beragam daerah tropika yang lain. Nama ilmiahnya Catharanthus roseus (L.) Don. Di Indonesia tumbuhan hias pekarangan ini di kenal dengan berbagai macam nama, seperti di dimaksud sindapor (Sulawesi), kembang tembaga (Sunda) serta kembang tapak dårå (Jawa). Orang Malaysia mengenalnya juga untuk kemunting cina, pokok rumput jalang, pokok kembang sari cina, atau pokok ros pantai. Di Filipina ia di kenal untuk tsitsirika, di Vietnam untuk hoa hai dang, di Cina di kenal untuk chang chun hua, di Inggris untuk rose periwinkle, serta di Belanda untuk soldaten bloem.


Manfaat Tapak Dara

~ Daun tapak dara popular untuk menyembuhkan tumor

Lantaran kandungan vinblastin-nya, sejenis alkaloid yang antineoplastik ( dapat menumpas beberapa sel tumor). Vinblastin (vinca-leucoblastin) yang disarikan dari daun sempat di proses jadi obat paten yang diedarkan untuk Velban, Exal serta Velbe. Saat ini obat-obat itu telah tak di buat lagi lantaran tak hanya kurang mujarab juga menyebabkan samping menyebabkan rasa nyeri. Tak hanya vinblastin, sari daun tapak dara juga memiliki kandungan vindolin, sejenis alkaloid lain berupa metilester dari asam karboksilat aspidospermidin.

~ Untuk menyembuhkan diabetes

Ambillah segenggam daun tapakdara yang di rebus dalam air 3 gelas. Sesudah mendidih dilewatkan sampai air tinggal 2 gelas, sarinya diminum. Ramuan ini diminum 3 kali satu hari.

Menurut pengalaman beberapa orang yang sukai memakainya, dalam satu minggu saja rasa lemah tubuh serta kerap raih dikarenakan kencing manis itu telah hilang.

Kenapa Bunga Tapakdara tak disenangi nyamuk?

Bunga tapak dara tak disenangi nyamuk lantaran zat dalam tanaman ini gampang terbang di hawa penuhi ruangan sekitarnya hingga bikin nyamuk pergi. Tanaman ini tak hanya di tanam ditanah terbuka dapat pula ditanam dalam pot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar