Rabu, 02 April 2014

Mengenal bunga sedap malam dari bibit bunga, penanaman, pemeliharaan, hingga panen bunga




Bunga Enak Malam (Polianthes tuberosa) lebih pas dibudidayakan di tanah lempung (sawah) dan mempunyai persediaan air irigasi. Tempat penanaman mesti terbuka serta tak dinaungi oleh pohon-pohon. 

 

 Enak malam adalah tanaman introduksi serta sudah ditanam dari lama, hingga dikira untuk varietas lokal. Kultivar lokal enak malam berbunga semi ganda asal Pasuruan sudah dilepaskan untuk varietas unggul nasional dengan nama Roro Anteng oleh Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian Jawa Timur bekerja bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Sesaat enak malam berbunga ganda asal Cianjur sudah dilepaskan oleh Balai Riset Tanaman Hias bekerja bersama dengan Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk varietas unggul nasional dengan nama Dian Arum.

Prasyarat tumbuh enak malam berbunga tunggal serta semi ganda lebih pas ditanam di dataran rendah dengan elevensi dibawah 50 m dpl. Enak malam berbunga ganda pas ditanam di daerah dengan elevensi diatas 100 m hingga 600 m dpl. Apabila enak malam berbunga tunggal serta semi ganda ditanam di dataran tengah, maka bunga yang dihasilkan bakal mempunyai tangkai bunga yang agak panjang, tak kokoh serta kurang kekar dan malai bunga agak panjang serta sisi ujung malai terkulai dengan jumlah kuntum bunga lebih sedikit. Mutunya jadi buruk serta tak layak untuk di jual.
  
Benih
Benih atau bibit enak malam berbentuk umbi yang didapat dari tanaman produksi yang sudah berusia kian lebih 1, 5 th.. Ukuran (diameter) umbi ratarata 1 – 2 cm serta sudah dikeringkan sepanjang kurang lebih 2 – 3 minggu dibawah terik matahari. Baiknya umbi disimpan lebih dulu pada 1 – 2 bln. sebelum saat tanam dengan maksud supaya sesudah ditanam tunas bakal lebih cepat keluar. 

Benih Bunga Sedap Malam


Pemrosesan tanah
Tanah dibikin bersih dari gulma serta dicangkul hingga halus. Lalu di buat bedengan dengan lebar 100 cm, tinggi 30 cm serta panjang bergantung luas tempat. Tiap-tiap bedengan terbagi dalam tiga baris tanaman. Pupuk serta pemupukan : Pupuk kandang bisa berbentuk kotoran ayam, kuda, domba atau kompos yang sudah masak (siap gunakan). Dosis sejumlah 20 hingga 30 ton/ha atau 2 – 3 kg per m2. Pupuk kandang ditaburkan rata sesudah bedengan di buat serta ditutup dengan tanah pada waktu membereskan bedengan (1 minggu sebelum saat tanam). Pemberian pupuk kandang selanjutnya dikerjakan dengan interval 5 – 6 bln.. Pupuk NPK diberikan satu bulan sesudah tanam atau diprediksikan akar pada umbi sudah tumbuh serta berkembang dengan baik, hingga pupuk yang didapatkan bisa diserap segera oleh tanaman. Dosis pupuk sebayak 200 kg/ha atau 200g/m2. Pemberian pupuk NPK selanjutnya dikerjakan dengan interval 3 bln.. Diluar itu, pupuk daun bisa pula disemprotkan sesuai sama dengan dosis saran dengan interval 2 minggu. Penanaman Jarak tanam yang dipakai yaitu 30 cm antar barisan serta 25 cm dalam barisan. Sebelum saat penanaman terlebih dulu di buat lubang tanam dengan kedalaman seputar 5 cm, lalu umbi enak malam dimasukkan ke dalam lubang serta ditutup dengan tanah.
  
Hama serta Penyakit Hama utama yang menyerang tanaman enak malam yaitu thrips (Thaeniothrip sp.), kutu dompolan atau mealybugs (Dysmicoccus brevipes) serta kutu perisai (Coccus sp.). Ketiga hama itu bakal nampak pada musim kemarau yang panjang. Thrips mulai menyerang dari awal penanaman sampai enak malam berbunga. Hama itu ditemukan pada celah-celah antar daun serta juga pada daun yang tetap menguncup. Awal serangan ditandai karenanya ada sisa gigitan pada permukaan daun serta pada akhirnya beralih jadi kecoklatan apabila serangan telah lanjut. Untuk aksi awal ingindalian bisa dipakai kertas berperekat warna kuning. Untuk mengatur hama itu bisa dipakai insektisida memiliki bahan aktif dimetoat atau diafentiuron sesuai sama dengan dosis saran.
  
Pemeliharaan
Pemeliharaan berbentuk penyiangan serta pengairan bisa dikerjakan sebulan satu kali. Sesaat penyiraman dikerjakan 1 minggu satu kali. Pada musim kemarau yang panjang pengairan dikerjakan lewat cara penuhi saluran antar bedengan dengan air hingga penuh serta dilewatkan satu malam. Aksi itu benar-benar berguna untuk menghindar serangan hama kutu dompolan supaya tak hingga ke sisi umbi enak malam.
  
Panen bunga
Biasanya tanaman enak malam bakal berbunga pada usia 4 – 5 bln. sesudah tanam. Panen bunga untuk bunga potong dikerjakan waktu satu atau dua kuntum bunga sudah mekar. Pemanenan dikerjakan lewat cara memotong tangkai bunga dengan gunting atau menarik tangkai bunga sampai lepas dari rumpun tanaman. Saat produktif tanaman enak malam meraih usia 2 th. sesudah tanam. Tiap-tiap rumpun tanaman bisa membuahkan bunga 3 – 5 tangkai bunga potong.

1 komentar: